GadgetDIVA - XL Axiata terus berkomitmen memberikan layanan lebih personal dan berkualitas dengan memanfaatkan teknologi terbaru. Dalam upaya ini, perusahaan bekerja sama dengan Amazon Web Services (AWS) dan Snowflake untuk mengimplementasikan cloud, pengelolaan data canggih, dan kecerdasan buatan (AI). Kolaborasi ini memungkinkan XL Axiata untuk melakukan modernisasi platform data dan AI, menciptakan dasar yang kuat untuk inovasi yang memenuhi permintaan pelanggan yang terus berkembang di era digital.
Menurut Sami Uddin Ahmad, Chief Strategy & Analytics Officer XL Axiata, dengan dukungan AWS dan Snowflake, XL Axiata kini memiliki ekosistem data dan AI yang terintegrasi. Ini memberikan pandangan yang lebih dalam tentang lebih dari 58 juta pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan. XL Axiata juga membuka peluang pendapatan baru melalui monetisasi AI dengan fondasi data yang mampu memproses petabyte data setiap hari.
Anthony Amni, Country Manager AWS Indonesia, menyatakan bahwa AWS bangga menjadi bagian dari transformasi digital XL Axiata. AWS dan Snowflake membantu XL Axiata membangun sistem yang skalabel dan berkinerja tinggi. Melalui teknologi cloud ini, XL Axiata dapat mengoptimalkan potensi data untuk kepentingan pelanggan dan memimpin dalam pengembangan Generative AI (GenAI).
Baca Juga
Advertisement
Satchit Joglekar, Regional Director Snowflake ASEAN, menambahkan bahwa Snowflake menyediakan platform data yang aman dan skalabel untuk mendukung transformasi digital XL Axiata. Kolaborasi ini membantu XL Axiata meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan kepada pelanggan.
XL Axiata telah meluncurkan fondasi data terpusat di AWS Cloud yang didukung oleh Snowflake, dengan Customer Analytics 360 (CA360) data lake. Ini memungkinkan tim XL Axiata untuk mendapatkan wawasan yang lebih akurat tentang pelanggan, yang pada gilirannya meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan.
Sebagai bagian dari perjalanan AI, XL Axiata membangun AI Factory di AWS Sagemaker. Dengan AI/ML berbasis cloud, AI Factory menghasilkan wawasan mendalam untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi di berbagai bidang seperti Penjualan, Pemasaran, Jaringan, dan Sumber Daya Manusia (HR). Solusi ini mengoptimalkan operasi dan memberikan dampak positif bagi bisnis.
Baca Juga
Advertisement
XL Axiata juga mengembangkan sistem Customer Value Management (CVEM) yang memanfaatkan AWS dan Snowflake. CVEM membantu tim pemasaran memahami perilaku pelanggan, mengelola produk dan kampanye, serta memberikan pengalaman lebih personal. Dengan aplikasi bisnis berbasis AI, XL Axiata melanjutkan pengembangan dan modernisasi sistem ini.
Ke depan, XL Axiata akan memperluas AI Factory dengan Generative AI Studio di AWS Bedrock, yang akan mengintegrasikan GenAI dalam berbagai proses operasional dan perjalanan pelanggan, seperti Customer Care dan deteksi penipuan. Inisiatif ini berfokus pada pemasyarakatan AI dan menjadikannya lebih mudah diakses oleh berbagai pihak dalam organisasi dan mitra eksternal.
Baca Juga
Advertisement
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.