GadgetDIVA - Riset terbaru dari Populix mengungkapkan bahwa delapan dari sepuluh milenial dan gen-Z memilih nastar sebagai kue kering favorit saat Lebaran. Selain nastar, kue kering lain yang juga populer antara lain putri salju, kastengel, dan sagu keju. Penelitian ini menunjukkan bahwa 82% responden menyebutkan nastar sebagai pilihan utama, jauh mengungguli kue lainnya.
Populix juga menemukan bahwa sebagian besar konsumen lebih memilih membeli kue kering produksi rumahan (UMKM) atau kue kemasan bermerek dari pabrikan besar. Meskipun demikian, sejumlah milenial dan gen-Z berencana untuk membuat kue kering sendiri tahun ini. Hal ini menunjukkan adanya keberagaman dalam preferensi konsumen terkait produsen kue kering.
Sementara itu, meskipun terpapar dengan kemudahan pembelian online, mayoritas milenial dan gen-Z cenderung memilih membeli kue kering secara langsung. Mereka lebih nyaman membeli di toko fisik, mini market, atau melalui teman dan kerabat. Pembelian melalui e-commerce atau media sosial masih sangat terbatas, dengan hanya 3% yang memilih layanan online delivery.
Baca Juga
Advertisement
Indah Tanip, VP of Research Populix, menyatakan bahwa konsumen memilih membeli langsung karena lebih terjamin keamanan produk sampai di tangan mereka. Ini membuka peluang bagi industri makanan kemasan untuk mengembangkan kategori kue kering sesuai dengan preferensi pasar. Hal ini terutama untuk kue kemasan buatan pabrik yang banyak dibeli untuk hampers Lebaran.
Selain itu, Populix mengidentifikasi dua faktor utama dalam pertimbangan pembelian kue kering: rasa dan harga. Rasa menjadi pertimbangan paling utama bagi hampir seluruh responden, diikuti oleh harga yang menjadi faktor penting bagi 72% konsumen. Faktor kebersihan, tampilan, dan kemasan juga mulai menjadi perhatian pembeli.
Dari segi harga, mayoritas milenial dan gen-Z merasa harga kue kering yang ideal berada di rentang Rp50.000 hingga Rp75.000 per toples. Meskipun begitu, mereka tetap bersedia membeli kue dengan harga hingga Rp100.000. Pembelian lebih dari tiga toples per tahun ini menjadi kecenderungan yang dominan di kalangan konsumen muda.
Baca Juga
Advertisement
Meskipun nastar menjadi kue kering favorit, harga yang lebih tinggi karena proses pembuatannya yang lebih rumit membuatnya tidak selalu menjadi yang terlaris. Oleh karena itu, produsen kue kering disarankan untuk fokus pada rasa yang enak dan harga yang terjangkau untuk menarik lebih banyak konsumen.
Survei yang dilakukan oleh Populix pada 6-8 Maret 2025 melibatkan 979 orang milenial dan gen-Z, dengan mayoritas responden berasal dari kelas ekonomi menengah ke atas. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga mengenai preferensi dan perilaku pembelian kue kering selama Lebaran.
Baca Juga
Advertisement
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.