XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Ramadan 2025 dengan Jaringan dan Promo Spesial

Paket Ramadan Xl

GadgetDIVA - Menyambut bulan suci Ramadan 2025, XL Axiata memastikan kesiapan jaringan dan layanan untuk menghadapi lonjakan trafik yang diprediksi meningkat 15-20%. Dengan tema “Ramadan Bulan Ramah”, perusahaan telekomunikasi ini tak hanya memperkuat infrastruktur jaringan, tetapi juga menghadirkan beragam promo menarik bagi pelanggan.  

Dikatakan Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir XL Axiata, Ramadan dan Lebaran merupakan momentum penting bagi bisnis telekomunikasi. “Kami selalu berupaya memperkuat jaringan dan menghadirkan paket promo spesial untuk memastikan pelanggan merasakan kenyamanan selama beribadah dan mudik,” ujarnya.  

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, XL Axiata telah melakukan sejumlah langkah strategis. Di antaranya, penambahan kapasitas di lebih dari 2.000 BTS (Base Transceiver Station) dan penempatan 120 MBTS (Mobile BTS). Selain itu, kapasitas core network ditingkatkan sebesar 20%, serta peningkatan kapasitas RAN (Radio Access Network) di lebih dari 2.000 sites.  

Advertisement

Dengan utilisasi jaringan saat ini mencapai 60%, XL Axiata memprediksi angka tersebut akan naik menjadi 78% selama Ramadan dan Lebaran. Untuk memastikan kualitas jaringan tetap optimal, perusahaan juga menggunakan teknologi canggih seperti uji jaringan tanpa pengemudi (drone) dan sistem peringatan otomatis yang memonitor penurunan kualitas layanan.  

XL Axiata telah menyiagakan tim teknis yang bekerja 24/7 untuk memantau kondisi jaringan melalui Customer Experience & Service Operation Center (CESOC). Tim lapangan juga siap bergerak cepat jika diperlukan. Selain itu, perusahaan memperhatikan pergerakan pelanggan selama mudik, termasuk pemanfaatan infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah.  

Saat ini, XL Axiata memiliki lebih dari 58,8 juta pelanggan yang didukung oleh 165 ribu BTS, dengan mayoritas berteknologi 4G. Jaringan fiber optik sepanjang 190 ribu km juga menjadi tulang punggung layanan data yang tersebar di seluruh Indonesia. Tingkat keterhubungan fiber optik mencapai 63%, dan perusahaan terus berinvestasi untuk modernisasi jaringan serta persiapan implementasi 5G di masa depan.  

Advertisement

Promo Spesial Ramadan 2025 

Selain persiapan jaringan, XL Axiata juga menghadirkan beragam promo menarik untuk pelanggan AXIS, XL Prabayar, XL PRIORITAS, XL SATU, dan XL Axiata Business Solution. Promo ini dapat diakses mulai 27 Februari hingga 15 April 2025 melalui aplikasi myXL dan AXISNet.  

Head Youth Marketing Communication XL Axiata, Nahdiah Estu Pawestri menjelaskan AXIS telah menyiapkan program THR AXIS, yaitu paket spesial seperti Boostr Sahur, Boostr Bedug, dan paket streaming OTT; Flash Sale Bronet Lokal 60 Hari yang memungkinkan kuota internet dengan harga terjangkau; dan Cashback Gopay hingga 50% untuk pembelian paket THR AXIS.

Advertisement

AXIS, salah satu merek XL Axiata, juga menghadirkan paket internet yang bisa dinamai sendiri oleh pengguna. Inisiatif ini telah berjalan selama dua tahun dan terbukti meningkatkan engagement, terutama di kalangan pelanggan muda. AXIS ingin pelanggan merasa lebih dekat dengan brand melalui paket yang personal dan unik.

Sedangkan pengguna XL Prabayar, dijelaskan Group Head Mass Segment XL Axiata, Puput Hidayat pada bulan suci ini akan ada Special Ramadan dengan kuota utama 3GB, kuota sahur 5GB, dan kuota YouTube/TikTok 2GB, hanya Rp27 ribu.; Special Mudik, kuota khusus Google Maps, YouTube, dan WhatsApp, hanya Rp6 ribu; dan Special Umroh Plus untuk kuota internet di Arab Saudi dan negara transit hanya Rp190 ribu.  

Bukan hanya itu, Ramadan ini juga ada Promo XL Axiata Business Solution berupa diskon 20% untuk aktivasi BIZ Postpaid; Bonus kuota hingga 10GB untuk driver Gojek; dan Gratis berlangganan 4 bulan untuk pelanggan XL SATU BIZ.  

Advertisement

XL Axiata juga menghadirkan Promo XL SATU berupa paket  hemat 25% dengan bayar 9 bulan untuk layanan 12 bulan dan bonus speed booster serta bebas biaya instalasi.  

Head Premium Product Management XL Axiata, Pandji Alif Faizal menjelaskan untuk pasca bayar, XL Prioritas ada Promo bebas upgrade paket selama 2 periode tagihan plus bonus kuota hingga 120GB untuk pendaftaran nomor baru.  

Di acara peluncuran promo Ramadan XL ini, menjadi kesempatan perpisahan Marwan yang pada awal Maret ini mengundurkan diri. Pasca merger dengan Smartfren, Marwan merupakan direktur keempat yang mengundurkan diri. Sebelumnya, pada awal Januari 2025, dua direktur XL Axiata, Rico Usthavia Frans dan I Gede Darmayusa, mengundurkan diri. Bahkan Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata, mengundurkan diri pada Desember 2024. “Saya mengundurkan diri karena alasan pribadi, tidak bisa dijelaskan di sini. Yang jelas saya sangat berterima kasih atas kerja sama dan hubungan yang baik selama ini dengan teman-teman media,” pungkasnya.

Advertisement

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.