GadgetDIVA - Perekonomian Indonesia terbilang stabil dan diproyeksikan akan menghasilkan PDB terbesar ke-4 di dunia sebesar US$10,5 triliun pada tahun 2050, setelah China, Amerika Serikat, dan India. Dengan populasi yang sangat besar dan kelas menengah yang tumbuh pesat, Indonesia memiliki pasar domestik yang signifikan. Sumber daya alam Indonesia, termasuk minyak, gas, mineral, dan tanah subur, berpotensi besar untuk memajukan pembangunan ekonomi di masa depan.
Meskipun nilai penjualan Tech & Durable (T&D) secara keseluruhan di Indonesia mengalami penurunan sebesar 12,4% pada tahun 2023 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, akibat banyaknya pembelian konsumen yang terjadi hingga tahun 2022 karena pandemi, GfK mengidentifikasi tren pasar dan konsumen yang dapat menjadi jalan menuju kesuksesan di tahun 2024 dan seterusnya. Tren tersebut meliputi peningkatan minat konsumen terhadap produk premium dan harapan akan pengalaman berbelanja yang menyenangkan.
GfK Indonesia, bagian dari NielsenIQ (NIQ), mengungkapkan sejumlah wawasan mengenai pasar T&D di Indonesia, menyoroti tren terkini dan peluang yang menarik di masa depan. “Indonesia merupakan pasar yang sangat menjanjikan untuk produk Tech & Durable, terutama jika dibandingkan dengan tren global. Terlepas dari kondisi pasca pandemi dan perubahan perilaku konsumen, pelaku industri harus aktif mencari cara untuk bertumbuh,” ujar Adrie Suhadi, Managing Director NIQ dan GfK Indonesia.
Baca Juga
Advertisement
Analisis GfK menunjukkan adanya pergeseran perilaku konsumen ke arah pembelian produk-produk berkualitas tinggi dengan rasio harga dan manfaat yang sesuai, khususnya di sektor TCG dan otomotif, seperti pelumas untuk mobil dan motor. “Konsumen Indonesia menunjukkan pergeseran dalam perilaku pembelian, dengan memprioritaskan value dibandingkan harga. Mereka semakin tertarik pada produk-produk di segmen menengah dan premium yang menawarkan rasio harga dan manfaat yang rasional. Tren ini mendorong pertumbuhan kuat yang kami amati di Q4 2023,” kata Candra Wibawa, Director of Customer Success Indonesia, GfK.
Meskipun kategori Technical Consumer Goods (TCG) berkontribusi pada penurunan pasar T&D secara keseluruhan pada tahun 2023, tanda-tanda pemulihan yang positif mulai terlihat. Laporan POS Retail Audit GfK menunjukkan tren positif menuju stabilisasi sepanjang tahun 2023, dengan sebagian besar kelompok produk dalam TCG mengalami peningkatan kuartalan yang konsisten. Momentum ini memuncak pada lonjakan pertumbuhan yang tinggi selama kuartal terakhir 2023. Lintasan positif ini berlaku untuk berbagai segmen produk, termasuk telekomunikasi, IT & perkantoran, consumer electronics (CE), foto, major domestic appliances (MDA), dan small domestic appliances (SDA).
Baca Juga
Advertisement
Kategori otomotif melampaui tren secara keseluruhan, mencapai pertumbuhan tahunan yang mengesankan sebesar 17,6% pada tahun 2023. Kategori otomotif mengalami pertumbuhan yang sehat selama tahun 2023 di mana semua kelompok produk dari kategori otomotif (baterai mobil dan motor, ban mobil dan motor, oli mobil dan motor, dan oli gigi transmisi) tumbuh setiap tahunnya. Keberhasilan ini mencerminkan pertumbuhan jumlah kendaraan yang terdaftar di Indonesia, seiring dengan kebutuhan perawatan rutin untuk semua jenis kendaraan.
Untuk bisa sukses di industri T&D di Indonesia, Candra Wibawa menekankan beberapa strategi penting. Pertama, memprioritaskan premiumisasi. Konsumen semakin tertarik pada produk-produk berkualitas tinggi, sehingga brand dapat memanfaatkan tren ini dengan berfokus pada penawaran produk kelas menengah dan premium. Kedua, promosi strategis. Kampanye promosi yang dikelola dengan baik dapat meningkatkan kinerja penjualan secara signifikan.
Baca Juga
Advertisement
Ketiga, keunggulan omnichannel. Memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten dan menyenangkan di semua channel – online, offline, dan mobile – sangat penting untuk menyesuaikan diri dengan perilaku konsumen yang terus berubah. Keempat, keunggulan dalam inovasi. Mengembangkan produk-produk yang inovatif sangat penting agar bisa menonjol dalam lanskap persaingan.
Dalam menghadapi masa depan, pelaku industri T&D di Indonesia harus terus beradaptasi dengan perubahan tren dan kebutuhan konsumen. Dengan strategi yang tepat, mereka dapat memanfaatkan peluang besar di pasar yang berkembang pesat ini. Terlepas dari tantangan yang ada, prospek industri T&D di Indonesia tetap cerah, memberikan banyak peluang untuk pertumbuhan dan inovasi.
Indonesia menunjukkan potensi besar dalam pasar produk teknologi dan durable. Dengan memahami tren konsumen dan menerapkan strategi yang tepat, pelaku industri dapat meraih kesuksesan di masa depan. Tantangan yang ada justru menjadi peluang untuk inovasi dan pengembangan yang lebih baik, memastikan bahwa Indonesia tetap menjadi pasar utama bagi produk-produk T&D yang berkualitas.
Baca Juga
Advertisement
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.