GadgetDIVA - Youtube merilis sebuah laporan terbaru yang menyebutkan ekosistem kreatifnya berhasil menciptakan ratusan lapangan kerja. Laporan tersebut selama tahun 2024.
Penelitian tersebut dari Oxford Econimics yang menyatakan bahwa ekosistem kreatifnya berhasil mendukung lebih dari 490.000 pekerjaan. Ekosistem itu mencakup karyawan yang bekerja dengan kreator Youtube seperti editor video, asisten, humas dan karyawan lainnya yang berfokus pada kreator (Peatron, Spotter, Linktree dan lain-lain).
Tak hanya itu, ekosistem kreatif di Youtube ini juga telah menyumbang lebih dari USD 55 miliar terhadap PDB AS. Jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu, terhitung terdapat lonjakan sebesar 100.000 dalam sektor lapangan kerja dan USD 20 miliar.
Baca Juga
Advertisement
Pada tahun 2022, Youtube dan Oxford Economics melaporkan bahwa ekosistem kreatifnya menciptakan sekitar 390.000 lapangan pekerjaan. Serta, menyumbang lebih dari USD 35 miliar terhadap PDB AS.
Angka-angka ini sangat besar sebab Youtube menyediakan peluang yang paling konsisten dan menguntungkan bagi para kreator. Mereka memenuhi syarat untuk Program Mitra Youtube yang dapat memperoleh sebesar 55% dari pendapatan iklan.
Bahkan, untuk kreator kelas menengah dapat berjumlah beberapa ribu dolar sebulan. Sedangkan, TikTok dan Youtube Shorts telah mencoba memonetisasi platform mereka. Industri tersebut belum menemukan cara yang andal untuk mendistribusikan pendapatan iklan di antara para kreator berdurasi pendek.
Baca Juga
Advertisement
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.