GadgetDIVA - Paradiva, tahun ini TCL semakin agresif memperkuat posisinya di pasar elektronik Indonesia. Melalui National Dealer Gathering 2025 bertema Dare to Dream, Win the Future, brand global ini tak hanya memamerkan produk terbaru, tetapi juga mempererat kolaborasi dengan mitra dealer. Tujuannya, membangun ekosistem smart home berbasis AI yang lebih terintegrasi.
Sebagai Mitra Resmi Olimpiade 2025–2032, TCL tak sekadar bermain di level global. Mereka berkomitmen menghadirkan teknologi yang relevan dengan kebutuhan lokal. Griffin Zhang, General Manager Asia Pacific TCL menegaskan, “Indonesia pasar strategis. Kami tingkatkan investasi, perluas jaringan ritel, dan hadirkan inovasi untuk keluarga Indonesia”.
Buktinya? Di kuartal pertama 2025, penjualan AC TCL melonjak 140%, sementara kulkas dan mesin cuci meroket 250%. Angka ini memperkuat posisi TCL sebagai Top 3 merek TV dan pemimpin di kategori Mini LED serta TV 98 inci.
Baca Juga
Advertisement
Produk Unggulan: AI sebagai Jantung Inovasi
Anisa Aprila, Marketing Communications Manager TCL Indonesia menjelaskan TCL yang telah lebih dulu kuat dengan produk TV, tahun ini terus memperkuat lini produk ini. Tahun ini ada tipe TV C8K, yang mengusung QD-Mini LED Gen 4 dengan layar zero border dan audio premium Bang & Olufsen. Untuk tipe C7K dilengkapi AiPQ Pro Processo yang optimalkan gambar secara otomatis. Kedua tipe inimendukung Google TV untuk pengalaman streaming tanpa batas.
Untuk AC FreshIN Series, memiliki keunggulan bisa dikontrol via suara (Smart Voice Control) tanpa internet. Juga didukung fitur AI Energy Saving analisis suhu ruang untuk efisiensi daya.
Baca Juga
Advertisement
Sedangkan Kulkas C521CD, dengan kapasitas 521 liter dengan teknologi Metal Cooling, selain itu kulkas TCL memiliki keunggulan dalam pendinginan 15% lebih cepat. Serta T-Fresh Technology yang jaga kesegaran makanan lebih lama.
Produk unggulan TCL lain yang menjadi andalan tahun ini adalah Washer & Dryer C682, yang didukung fitur Auto Stain Removal yang dapat deteksi noda secara otomatis. Serta fitur Jet Spray Wash dan Auto Dry yang bikin cucian bersih sekaligus kering tanpa dijemur.
Dukungan Dealer Jadi Kunci Sukses TCL
Baca Juga
Advertisement
Paradiva, TCL meyakini keberhasilannya di pasar Indonesia berkat dukungan para dealer yang solid, untuk itu dalam acara gathering ini, TCL menjadikan ajang ini sebagai apresiasi bagi mitra dealer berprestasi. Para dealer yang memborong penghargaan antaranya: UFO Group, yang meraih 4 penghargaan sekaligus. Lalu PT Electronic City Indonesia yang didaulat sebagai dealer terbaik untuk penjualan TV 98 inci. Sedangjab Shopee Indonesia diganjar sebagai dealer e-commerce terbaik.
Evan Tang, CEO TCL Indonesia saat konferensi pers menekankan pentingnya sinergi dan strategi bertahap dalam memperkuat pasar TCL di Indonesia. “Mimpi besar butuh kolaborasi. Kami tak hanya jual produk, tapi bangun ekosistem berkelanjutan,”ujarnya. Dia meyakini, pasar Indonesia butuh memahami produk TCL dengan baik, maka itu pihaknya menggunakan strategi bertahap (step by step). “Pasar TV dulu kami perkuat, baru kemudian masuk ke home appliances lain seperti sekarang kami mulai dengan AC yang dilengkapi dengan AI dan air purifier, mesin cuci dan kulkas,” terangnya.
Evan juga mengungkapkan pihaknya mulai memperkuat strategi pemasaran khususnya dalam menggarap Gen Y dan Gen Z dengan pendekatan pada para pecinta game. TCL tak melupakan pasar muda. Kolaborasi dengan gamer yang sedang naik daun yaitu Call of Duty dan melanjutkan Densu (Denny Sumargo) sebagai brand ambassador atau duta merek TCL diyakini aman menjadi senjata ampuh bidik generasi digital. Dukungan TCL di ajang FIBA Asia Cup 2022 dan Olimpiade juga memperkuat citra merek.
Baca Juga
Advertisement
Layanan Purna Jual dan Rencana Produksi Lokal
Paradiva, saat ini TCL didukung 120 lebih titik layanan purna jual, merek asal Negeri Tirai Bambu ini memastikan kepuasan konsumen sebagai hal penting selain produk terbaik. Meski belum memproduksi di Indonesia, mereka terbuka untuk kerja sama perakitan dengan pabrik lokal dalam beberapa tahun ke depan.
Dengan portofolio produk lengkap dan strategi pemasaran yang tepat, Evan menegaskan bahwa TCL siap jadi pemain utama di pasar elektronik Indonesia. “Langkah kami hari ini adalah investasi untuk masa depan yang lebih pintar,” tutup Evan Tang.
Baca Juga
Advertisement
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.