GadgetDIVA - TikTok akan memperluas platform e-commerce mereka, TikTok Shop, ke tiga negara Eropa: Prancis, Jerman, dan Italia pada Senin (30/3). Ini menandai langkah besar dalam ekspansi di Eropa setelah TikTok Shop pertama kali hadir di Inggris pada 2021. Hal ini diumumkan oleh perusahaan seperti yang dilaporkan oleh Tech Crunch pada Jumat (27/3).
Sejak diluncurkan di Inggris, TikTok Shop juga telah tersedia di Amerika Serikat dan menunjukkan penjualan yang signifikan selama musim liburan. Namun, masa depan TikTok di AS masih dipertanyakan karena adanya isu regulasi yang tengah dihadapi oleh platform tersebut.
TikTok Shop di Eropa akan memperkenalkan lebih banyak penjual lokal, karena saat ini sebagian besar produk di platform berasal dari China. TikTok juga berencana untuk meningkatkan kerjasama dengan penjual di Prancis, Jerman, dan Italia untuk menawarkan produk-produk yang lebih beragam.
Baca Juga
Advertisement
Jan Wilk, Kepala Operasi TikTok Shop UK, mengungkapkan bahwa TikTok sudah bekerja dengan penjual di ketiga negara tersebut dan produk mereka akan tersedia di platform mulai hari Senin depan. TikTok Shop juga berencana untuk memperluas pilihan produk dan rentang harga, selain yang sudah dikenal dengan diskon.
Sebagai contoh, sebuah toko barang mewah berbasis di Inggris sudah mulai menjual tas Birkin bekas di platform tersebut, menunjukkan bahwa TikTok Shop juga memasuki pasar barang-barang mewah. Di Prancis, Carrefour, salah satu jaringan supermarket besar, akan bergabung dengan TikTok Shop.
Di Jerman, retailer fesyen AboutYou dan jenama kosmetik Cosnova juga akan hadir di TikTok Shop, menandakan semakin banyaknya merek besar yang memilih untuk bergabung dengan platform e-commerce ini. Ini menjadi bukti keseriusan TikTok dalam memperluas kehadirannya di pasar Eropa.
Baca Juga
Advertisement
Wilk juga menyebutkan bahwa mereka berharap dapat meluncurkan TikTok Shop di pasar Eropa dengan lebih cepat dibandingkan dengan Inggris. Empat tahun lalu, model e-commerce ini masih tergolong baru di Inggris, sehingga TikTok harus melakukan banyak eksperimen dan edukasi untuk menemukan strategi yang tepat.
Dengan ekspansi ini, TikTok berambisi untuk mempercepat pertumbuhan TikTok Shop di Eropa dan meningkatkan keberagaman produk yang ditawarkan kepada pengguna, serta mengoptimalkan pengalaman berbelanja di platform mereka.
Baca Juga
Advertisement
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.