GadgetDIVA - UMKM berperan besar terhadap pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi COVID-19. Guna menghadapi tantangan pandemi, dan untuk dapat terus bertahan, tercatat 83% 83% UMKM mengandalkan digitalisasi dalam menjalankan usahanya.
Hal ini yang mendorong GoFood untuk terus berperan aktif mendorong kemajuan UMKM kuliner melalui wadah komunitas dengan mendirikan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) tiga tahun lalu.
GoFood kini memiliki lebih dari 1,4 juta mitra usaha, di mana 99%-nya merupakan UMKM kuliner. Melalui hadirnya KOMPAG, GoFood berkomitmen untuk membantu pelaku UMKM kuliner dari segala tingkatan bisnis untuk naik kelas hingga mampu terus bersaing di tengah ketatnya persaingan.
Baca Juga
Advertisement
Berawal dari 25 ribu anggota, KOMPAG terus berkembang dari tahun ke tahun hingga kini beranggotakan lebih dari 180 ribu UMKM kuliner dari 75 kota di Indonesia. Menggunakan channel Facebook, Whatsapp, dan Telegram, KOMPAG menjadi wadah para pelaku UMKM kuliner untuk saling berbagi dan menambah ilmu.
Lathiful Amri, Pemilik Usaha Pancong Ruang Rasa dan Perwakilan Mitra Usaha GoFood mengatakan bahwa rangkaian edukasi dan pelatihan rutin di KOMPAG membantu saya menemukan solusi tepat dalam mengoptimalkan performa bisnis secara online di tengah kondisi yang tak menentu. Berkat KOMPAG, saya mampu meningkatkan penjualan Pancong Ruang Rasa sebesar 20% pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.
Baca Juga
Advertisement
Dalam upaya membangkitkan semangat dan optimisme mitra UMKM kuliner, GoFood menyelenggarakan 3 Tahun Semarak KOMPAG sebagai ajang perayaan hari jadi KOMPAG dan mengapresiasi pencapaian positif mitra UMKM GoFood pada 14 Oktober lalu.
Di acara ini, GoFood juga memberikan penghargaan kepada 9 mitra UMKM dan 1 grup kota ter-KOMPAG yang terus berbagi ilmu dan menginspirasi mitra UMKM lainnya di sepanjang 2022. GoFood akan terus melanjutkan kesuksesan KOMPAG dengan berfokus pada dua hal di 2023.
Pertama, memperkuat mentorship & perkembangan skala bisnis mitra UMKM di 75 kota melalui edukasi dan pelatihan secara daring maupun luring. Kedua, melakukan ekspansi KOMPAG ke kota-kota baru untuk membantu mitra UMKM kuliner saling terhubung.
Baca Juga
Advertisement
“Seluruh ragam inisiatif baik dari solusi teknologi maupun non-teknologi yang kami berikan bertujuan untuk menciptakan mitra UMKM kuliner. Kami juga mengundang para mitra di seluruh Indonesia untuk dapat bergabung dengan KOMPAG dan naik kelas bersama-sama,” tutup Bayu Ramadhan, Group Head of Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial.
Baca juga : Erajaya Hadirkan Kamera Aksi Dji Osmo Action 3 di Pasar Indonesia
Baca Juga
Advertisement
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.