GadgetDIVA - Grab meluncurkan solusi AI berbasis agentic untuk mendukung para Mitra GrabMerchant dan Mitra Pengemudi dalam mengoptimalkan kinerja mereka di platform Grab. Dua inovasi utamanya adalah GrabMerchant Assistant dan AI Driver Companion, yang berfungsi sebagai asisten cerdas yang memberikan informasi praktis untuk mendukung aktivitas harian mitra. Solusi ini dikembangkan melalui kerja sama dengan dua nama besar di dunia AI, yaitu OpenAI dan Anthropic.
Peluncuran ini merupakan bagian dari ekspansi kemitraan strategis Grab dengan OpenAI yang dimulai sejak Mei 2024, serta kolaborasi baru dengan Anthropic, pengembang Claude AI. Bersama-sama, mereka berupaya menciptakan beragam solusi AI mutakhir yang bermanfaat bagi para pengguna Grab, terutama mitra merchant dan pengemudi.
Chief Product Officer Grab, Philipp Kandal, menyampaikan bahwa mitra Grab merupakan wirausahawan sejati di Asia Tenggara. Oleh karena itu, Grab ingin memberikan alat yang tepat agar mereka bisa sukses di era AI. Dua solusi agentic AI ini berperan sebagai asisten pribadi yang membantu mitra fokus pada hal penting seperti melayani pelanggan, sekaligus mencerminkan semangat Grab dalam menghadirkan teknologi berbasis nilai kemanusiaan.
Baca Juga
Advertisement
GrabMerchant Assistant dirancang sebagai chatbot berbasis model bahasa besar (LLM) yang tersedia langsung di aplikasi GrabMerchant. Alat ini bertindak seperti konsultan bisnis pribadi bagi UMKM yang sering kali tidak memiliki akses ke teknologi canggih. Dengan pendekatan percakapan alami, asisten ini menjawab pertanyaan operasional, memberikan rekomendasi bisnis, serta membantu menyusun kampanye promosi hingga pembaruan menu. Ke depannya, fitur ini juga akan menawarkan solusi pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing merchant.
Sementara itu, AI Driver Companion hadir untuk meningkatkan efisiensi kerja pengemudi Grab. Melalui panduan perjalanan berbasis data real-time dan historis, fitur ini membantu pengemudi mengarahkan kendaraan ke lokasi dengan permintaan tinggi, mempercepat perolehan order, dan meminimalisasi waktu tunggu. Hingga kini, lebih dari 250.000 pengemudi di Asia Tenggara telah menggunakan fitur ini setiap minggunya.
Fitur canggih lainnya adalah pelaporan suara berbasis AI. Pengemudi kini bisa melaporkan kondisi jalan secara verbal, mulai dari kemacetan hingga banjir, yang langsung diproses untuk memperbarui GrabMaps. Fitur ini menggantikan sistem manual sebelumnya dan memungkinkan pelaporan dalam berbagai bahasa. Sejak diluncurkan, sistem ini telah menerima lebih dari 16.000 laporan setiap hari dari ratusan ribu pengemudi.
Baca Juga
Advertisement
Grab bekerja sama erat dengan OpenAI dan Anthropic untuk merancang solusi yang benar-benar relevan dengan kebutuhan lapangan. Dengan cakupan yang luas, lebih dari 800 kota dan 44 juta pengguna aktif bulanan, Grab menjadi mitra strategis yang ideal untuk menguji serta menyempurnakan teknologi AI dalam konteks kehidupan nyata di Asia Tenggara.
Pemanfaatan model GPT-4o dari OpenAI memungkinkan pelaporan suara untuk memahami dan mengklasifikasikan berbagai kondisi jalan dengan lebih akurat. Teknologi ini juga menciptakan interaksi suara yang alami dan empatik dengan pengemudi. Di sisi lain, Claude AI dari Anthropic mendukung percakapan dalam GrabMerchant Assistant, memastikan komunikasi yang relevan, kontekstual, dan mudah dipahami oleh merchant.
Baca Juga
Advertisement
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.