Youtube Hadirkan Stiker Shopping di Shorts

Stiker Shopping
Google Nyatakan Pelanggan Youtube Premium dan Music Lebih dari 100 Juta

GadgetDIVA - Youtube menghadirkan pengalaman berbelanja terbaru untuk pengguna Shorts. Yakni, dengan meluncurkan stiker Shopping. 

Melalui stiker Shopping ini, pengguna Shorts dapat dengan mudah membeli produk yang muncul saat menonton video Shorts. Serupa dengan fitur Keranjang Kuning milik TikTok. 

Menurut hasil eksperimen di Amerika Serikat pada bulan Mei 2025, video Shorts dengan stiker produk Shopping memperoleh 40% lebih banyak klik pada produk. Jika dibandingkan video Shorts dengan tombol Shopping. 

Advertisement

“Dengan senang hati kami umumkan bahwa kami mengupgrade tombol Shopping di Shorts. Sekarang, pengguna akan melihat stiker produk Shopping saat menonton video Shorts Anda,” tulis Youtube dalam pernyataan resminya pada Kamis (19/6). 

Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu memberi tag pada produk di video Shorts. Kemudian, sistem akan secara otoamtis membuat stiker berdasarkan produk pertama yang diberi tag oleh pengguna. 

Jika pengguna ingin stiker produk Shopping menampilkan produk yang berbeda, mereka dapat cukup mengurutkan ulang daftar produk yang diberi tag. 

Advertisement

Selanjutnya, jika beberapa produk diberi tag di video Shorts, pengguna dapat mengetuk panah bahwa pada stiker untuk melihat daftar lengkap produk. Setelah mengklik produk yang diminati, mereka akan dialihkan ke situs retailer untuk produk tersebut. 

Pengguna juga dapat memiliki opsi untuk menyesuaikan ukuran maupun penempatan stiker produk. Stiker Shopping ini tersedia secara global.

Advertisement

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.