GadgetDIVA - Blibli terus memperkuat strategi pemasaran digitalnya melalui program afiliasi, yang dirancang untuk membangun kemitraan jangka panjang dengan para afiliator. Menurut Merrick Jonathan, Group Product AVP Blibli, program ini bukan sekadar taktik pemasaran, tetapi menjadi upaya strategis untuk menjangkau lebih banyak audiens dengan rekomendasi produk yang otentik.
Program afiliasi Blibli terbuka bagi berbagai level influencer, mulai dari nano hingga makro. Blibli tidak hanya mempertimbangkan jumlah pengikut, tetapi juga kualitas interaksi dan kesesuaian nilai antara afiliator dan merek. Setiap kampanye dirancang agar sesuai dengan demografi mitra dan menyampaikan pesan secara autentik.
Dalam operasionalnya, Blibli menggunakan beberapa platform utama untuk program afiliasi ini, yakni YouTube, Instagram, serta WhatsApp Group & Channel. Masing-masing platform memiliki peran khusus, seperti YouTube untuk konten edukatif, Instagram untuk inspirasi visual, dan WhatsApp untuk interaksi langsung dengan audiens.
Baca Juga
Advertisement
Blibli menargetkan konsumen yang menghargai transparansi, kualitas, dan pengalaman belanja yang dikurasi dengan baik. Program ini juga menyasar para “conscious buyer” atau konsumen yang bijak dalam memilih produk dan mendukung gaya hidup berkelanjutan.
Skema komisi bagi afiliator disusun secara transparan dan kompetitif. Afiliator bisa mendapatkan komisi hingga 12% atau Rp50.000 per produk, tergantung kategori. Blibli juga memantau efektivitas program melalui berbagai indikator kinerja utama, termasuk brand awareness, konversi, dan efisiensi biaya akuisisi pelanggan.
Contoh kesuksesan program afiliasi ini terlihat pada kategori Kesehatan & Kecantikan, di mana aktivasi afiliasi pada April 2025 berhasil meningkatkan engagement hingga lima kali lipat dan menggandakan jumlah pesanan dibandingkan periode sebelumnya.
Baca Juga
Advertisement
Blibli berkomitmen untuk membangun hubungan jangka panjang dengan afiliator, menyediakan dukungan berupa dashboard real-time, akses ke kampanye eksklusif, dan strategi konten. Insentif khusus juga diberikan kepada top performers untuk memotivasi mereka.
Ke depan, Blibli berencana memperluas program afiliasinya ke lebih banyak platform dan pasar. Blibli juga akan menjajaki kolaborasi dengan komunitas berbasis minat serta meningkatkan pendekatan berbasis data untuk menjaga relevansi program afiliasi di era digital.
Baca Juga
Advertisement
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.